Makalah Pembuatan Pudding Mangga




BUSSINES PLAN
“PUBERTAS”
(Pudding Sehat & Berkualitas)

Diajukan untuk memenuhi persyaratan
Tugas mata kuliah Entrepreneur



Di susun Oleh :
1.                   Yuli Yulianti
2.                   Irfan Faozin
3.                   Diki Hardi
4.                   Sri Rahayu
5.                   Nana Sofyana
6.                   Nufa Setiaji
7.                   Tomi Ardinto
8.                   Nur Alif Fauzi


BINA SARANA INFORMATIKA
PRODI MANAJEMEN INFORMATIKA


KATA PENGANTAR


Puji syukur Kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga Kami dapat menyelesaikan makalah entrepeneur dengan baik dan tepat waktu. Makalah  kegiatan usaha ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah entrepeneur.  Disamping itu makalah ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan entrepeneur. Tidak lupa pada kesempatan ini Kami haturkan rasa terima kasih kepada:

1.      Ibu Zahra Zakaria, selaku Dosen mata kuliah entrepeneur.
2.      Teman-teman yang sudah membantu bekerja sama dalam menyusun laporan ini

Dengan segala kerendahan hati, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan laporan usaha ini. Dalam penulisan laporan ini, kami menyadari bahwa laporan ini jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kami mohon kritik dan saran pembaca untuk memperbaiki kesalahan yang ada dan menyempurnakan laporan ini.

Semoga penulisan laporan usaha mandiri ini dapat menambah wawasan dalam berbisnis dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.





Bekasi,     November 2016
         
                                                                                                                        Kelompok 1





DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………...1
KATA PENGANTAR………………………………………………………………….2
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………3
BAB I PENDAHULUAN
A.    Data Perusahaan…………………………………………………………………4
B.     Ringkasan………………………………………………………………………..5
C.     Struktur Organisasi………………………………………………………………6
BAB II RINGKASAN EKSEKUTIF
A.      Latar Belakang Usaha…………………………………………………………..7
1.1     Sejarah Pudding……………………………………………………………7
1.2     Sejarah Perusahaan………………………………………………………...8
1.3     Visi…………………………………………………………………………8
1.4     Misi………………………………………………………………………...8
1.5     Tujuan Usaha………………………………………………………………8
BAB III ANALISA INDUSTRI
A.      Analisa SWOT………………………………………………………………….9
BAB IV DESKRIPSI USAHA
A.    Gambaran Umum Pubertas…………………………………………….10
B.     Gambaran Umum Persaingan…………………………………………..10
C.     Gambaran Umum Penjualan……………………………………………10
BAB V RENCANA PRODUKSI
A.    Persiapan Pra-Produksi…………………………………………………11
B.     Proses Produksi…………………………………………………………11
BAB VI MARKETING STRATEGI
A.    Sumber Dana……………………………………………………………………12
B.     Analisis Produksi……………………………………………………………….12
C.     Rencana Pemasaran…………………………………………………………….13
D.    Prospek Pengembangan Usaha Pudding………………………………………..14
E.     Strategi Pemasaran……………………………………………………………...14
BAB VII PERENCANAAN ORGANISASI
A.    Struktur Organisasi……………………………………………………………..16
B.     Informasi Partner Usaha………………………………………………………...19
C.     Kelemahan Dan Hambatan Yang Timbul………………………………………19
BAB VIII  PENUTUP
A.    Kesimpulan…………………………………………………………………….20
B.     Saran……………………………………………………………………………20
LAMPIRAN
A.    Brosur…………………………………………………………………………..21
B.     Baner…………………………………………………………………………....21



BAB I
PENDAHULUAN

 
A. DATA PERUSAHAAN


1.      Nama Perusahaan                    PUBERTAS
2.      Bidang Usaha                          : Menjual Makanan Pudding Mangga dan Jelly
3.      Nomor Telepon                       : 081313315850
4.      Alamat Email                          : pubertaspudding@gmail.com
5.      Mulai Berdiri                           : 02 Oktober 2016


B. RINGKASAN
            PUBERTAS (Puding sehat berkualitas) merupakan inovasi promosi kuliner kaya manfaat. Mengingat tidak sedikit masyarakat sekarang mudah terserang penyakit karena komsumsi makan yang tidak teratur dan sembarangan. Melalui puding dengan berbagai perpaduan buah yang kaya akan manfaat serta berbagai macam bentuk yang menarik, kami yakin akan membuat masyarakat memilih makanan yang menarik dilihat namun kaya akan manfaat bagi tubuh. Puding merupakan pilihan yang tepat, sebab jenis makanan ini sangat di gemari oleh anak-anak hingga orang tua.
Target pemasaran pudding ini adalah semua lapisan masyarakat, mengingat pemasaran PUBERTAS (Puding sehat berkualitas)  ini sebagian besar di kampus seperti pada saat kegiatan bazar ataupun melalui media online. Metode yang dipakai dalam mempromosikan PUBERTAS (Puding sehat berkualitas) adalah informasi dari mulut ke mulut, sosial media (BBM, WA, dll)



                        
 C. Struktur organisasi perusahaan
DIREKTUR
Yuli Yulianti
PURCHASE
Nufa Setiaji
FINANCE
Irfan Faozin
PROMOSI
Nana  Sofyan
PRODUKSI
Sri Rahayu
Diki Hardi
MARKETING
Tomi Ardianto

BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF


A.  Latar Belakang Usaha
            1.1.  Sejarah Puding
Puding pertama yang dibuat oleh koki kuno yang menghasilkan makanan mirip sosis dengan cita rasa gurih. Puding berasal dari bahasa Perancis, boudin yang berarti “sosis darah”, Dari bahasa Latin, botellus yang berarti “sosis kecil”. Istilah puding yang banyak digunakan di benua Eropa.
Pada abad ke-17, puding di Inggris raya terdiri dari dua rasa, yaitu gurih karena terbuat dari daging dan manis karena terbuat dari tepung, kacang, dan gula. Kedua puding ini biasanya direbus dalam tas puding khusus. Haggis adalah salah satu contoh puding gurih karena terbuat dari jantung, hati, dan paru-paru domba yang dicampur dengan bawang bombay, oatmeal, lemak, aneka rempah, dan garam. Secara tradisonal, Haggis dibungkus dalam perut hewan dan kemudian direbus selama tiga jam.
Pada sekitar abad ke-18, puding di Inggris tidak lagi terbuat dari daging. Dan pada abad ke-19 puding masih dibuat dengan cara direbus, namun hasil akhirnya lebih mirip cake. Pada saat itu, puding disajikan secara tradisonal pada perayaan Natal. Puding plum atau Christmas pudding salah satu contohnya.
Puding yang dikenal sekarang sebenarnya lebih mirip custard. Sejarah custard dengan puding juga hampir sama kunonya. Meskipun dua jenis hidangan ini berbeda, namun istilah custard dan puding seolah menyatu pada abad ke-19 di Amerika. Custard sendiri merujuk pada hidangan Romawi Kuno yang dibuat dengan telur. Bangsa Romawi Kuno memang ahli dalam menciptakan beberapa hidangan berbasis telur, seperti omelet atau crustades.
saat ini puding mulai dimodifikasi dengan tambahan bahan isi atau dibentuk dan dibuat lapisan-lapisan agar lebih menarik pada saat di sajikan. Begitu juga untuk hasil akhirnya ditambah dengan topping, membuat hasil jadi dari puding Dengan kemajuan jaman sekarng, untuk tampilan dari puding tidak hanya disajikan dengan polosan begitu saja. Untuk semakin menarik
1.2.  Sejarah Perusahaan
Pubertas atau dikenal dengan Pudding Sehat & Berkualitas adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri makanan yaitu Pudding. Didirikan oleh 8 Mahasiswa denggal 02 Oktober 2016 dengan tujuan untuk mengembangkan cita rasa dari pudding yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Tim terinspirasi memilih usaha dengan latar belakang pemikiran bahwa Puding adalah makanan ringan yang ideal dan cukup mengenyangkan. Selain itu Puding  adalah makanan ringan yang disukai oleh kebanyakan orang dan dapat melancarkan pencernaan.

1.3.Visi
·         Menjadi produk terdepan dibidangnya.
·         Membuat produk dari bahan alami, higienis dan halal.
·         Membuat produk yang dicintai oleh masyarakat.

1.4. Misi
·         Membuat produk dengan varian rasa.
·         Memuaskan konsumen.
·         Mengembangkan makanan dengan harga terjangkau.


1.5. Tujuan Usaha        
·         Melatih dan mengembangkan keterampilan berbisnis dan disiplin ilmu ekonomi sejak dini, dan membuka kesempatan bagi tim untuk menjadi pengusaha muda.
·         Memperoleh Keuntungan dalam usaha karena bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar.
·         Menyediakan puding ringan yang enak dan bergizi.
·         Menjual makan yang bisa menyasar ke semua kalangan.




BAB III
ANALISA INDUSTRI
A.    Analisa SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan,yaitu melalui analisa SWOT :
1. Strength (kekuatan)
            a. Produk mudah dipasarkan
            b. 1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa.
            c. Bahan produk yang terjamin dan higienis.
            d. Bahan baku yang mudah di dapatkan.
2. Weakness (kelemahan)
            a. Produk tidak tahan lama
            b. Produknya mudah ditiru.
3. Opportunity (Peluang)
            a. Tempat strategis
            b. Fasilitas yang cukup memadai
            c. Banyak orang tua dan anak-anak  yang menyukai makanan yang lembut

4. Threath (Ancaman)
a. Banyaknya kompetitor yang menjual produk yang sama dengan  harga yang tidak terlalu mahal.









BAB IV
             DEKSRIPSI TENTANG USAHA

A.   Gambaran Umum Pubertas
Usaha kami bergerak dibidang penjualan makanan Puding. Makanan pudding yang kami tawarkan yaitu berbentuk Cup dengan ukuran mini sehingga lebih ekonomis dan unik. Berbagai macam rasa dan topping yang menarik menjadi menu utama . Pudding yang kami buat ini sangat berbeda dengan puding yang sudah ada di pasaran karena selain kami tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami gunakan menggunakan cita rasa yang berbeda namun tetap menjaga cita rasa yang berkualitas. Dengan mengutamakan kualitas produk dan tempat strategis “PUBETAS (Puding Sehat Berkualitas)” akan dapat bersaing dengan usaha lain yang serupa.

B.     Gambaran Persaingan
Untuk saat ini kami mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap
penjualan pudding kami agak sedikit berpengaruh karena pesaing kami sudah terlebih dahulu berjualan pudding dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli puding  mereka.

C.     Gambaran Penjualan
Dalam pelaksanaannya nanti, kami akan menjual puding ditempat yang strategis, yakni di sekitar halaman kampus ketika bazar yang merupakan salah satu tempat yang strategis. Tentu dalam penjualannya nanti, ada strategi-strategi penjualan yang akan saya pakai dalam menarik calon pembeli. Besar harapan kami agar dalam pelaksanaannya nanti penjualan puding kami dapat berjalan dengan sukses.







BAB V
RENCANA PRODUKSI
A.     Persiapan Pra Produksi
֎  Alat
1.      Irus
2.      Panci
3.      Kompor
4.      Gas
5.      Cup
6.      Sendok
֎ Bahan
1.      Mangga (sebagai Topping)
2.      Gula pasir
3.      Agar-agar
4.      Penguat Rasa
5.      Jelly (sebagai Topping)
6.      Air secukupnya
B.      Proses Produksi
1.      Masukkan air ke dalam panci, lalu tambahkan gula,  agar- agar, aduk rata secara perlahan
2.      Aduk terus sampai mendidih Terakhir masukan penguat rasa .
3.      Setelah mendidih, angkat dan tuangkan pudding ke dalam cup yang telah disediakan.
4.      Masukan potongan mangga dan jelly kedalam pudding sebagai topping.







BAB VI
MARKETING STRATEGI
A.    Sumber Dana
Sumber Dana
Jumlah Dana
Yuli Yulianti
Sumber dana ini kami peroleh dari iuran setiap anggota sehingga jumlah dana yang terkumpul sebesar Rp 160.000,

Rp 20.000
Irfan Faozin
Rp 20.000
Diki Hardi
Rp 20.000
Sri Rahayu
Rp 20.000
Nur Alif F
Rp 20.000
Nana Sofyana
Rp 20.000
Nufa Setiaji
Rp 20.000
Tomi Ardianto
Rp 20.000

B.     Analisis Produksi

Nama Bahan
Dari Harga Bahan sejumlah  Rp 149.000 menghasilkan 110  buah  Puding,  Maka harga  dalam membuat sebuah puding sebesar Rp 1.354,-  sehingga bisa di tarik kseimpulan sebagai berikut:
-          Harga Jual per cup      = Rp. 2.000
-          Harga Bahan Percup   = Rp. 1.354 -
                                    Rp. 646
-          Jadi keuntungan penjualan puding per cup sebesar Rp 646,

Harga
  Mangga
  Rp      10. 000
Agar-Agar
  Rp     24.500
 Gula
 Rp     16. 000
jelly
 Rp      5.000
penguat Rasa
 Rp      4.500
Cup
 Rp     16.000
Sendok
 Rp        6.000
Stiker
  Rp       38.000
Total
 Rp 114.000



Biaya Iklan
Nama Biaya
Harga
Banner 150x80 cm
Rp 30.000
Brosur
Rp 5.000
total
Rp 35.000

Tabel Penjualan
Terjual
harga Jual
Jumlah
110 cup
Rp 2.000
Rp 220.000

Profit = Jumlah Penjualan – Biaya
          = Rp 220.000 – Rp 149.000
          = Rp 71.000



C.     Rencana  Pemasaran
Untuk memasarkan produk pudding, PUBERTAS yang dibuat, dilakukan mempromosikan produk di lakukan melalui media cetak seperti brosur, pamflet, atau poster dan membagikannya disekitar  kampus dan warga disekitar kampus. Selanjutnya agar produk tersebut bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat, karena harga produk yang ditawarkan lebih rendah dari harga toko pudding yang ada. Untuk menjangkau semua kalangan konsumen baik bawah, menengah maupun kelas atas. Hal ini disebabkan pudding merupakan makanan kaya akan serat dan baik untuk kesehatan. Kemudian untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, kegiatan promosi dilakukan melalui media online, misalnya dengan menggunakan BBM, Whatsap, facebook,dan twitter.

D.    Prospek pengembangan usaha PUDDING



Seperti makanan sehat lainnya, Pudding juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Anak-anak biasanya lebih menyukai mengkonsumsi buah-buahan dalam betuk lain yang sudah diolah menjadi Puding.  Bahan yang terkandung dalam Pudding ini sangat membantu didalam proses pencernaan dalam tubuh. Bahan dasar seperti agar-agar atau Jelly yang berasal dari olahan rumput laut, yang sangat baik dalam membantu pencernaan.Selain itu banyak peneliti yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan yang berkhasiat. Selain itu terdapat buah-buahan yang digunakan sebagai penambah rasa juga pemanis penampilan Puding, buah ini juga sangat baik bagi kesehatan karena adanya kandungan gizi dari serat yang dimilikinya.Cara membuatnya yang mudah dan praktis membantu di dalam penyajiannya menu tambahan makanan atau sebagai makanan pembuka yang menyehatkan.
Karena itulah, kami terdorong untuk mengembangkan usaha puding dengan berbagai variasi rasa, bentuk, dan warna dengan harga yang terjangkau. Hal ini dikarenakan:
1.      Pudding merupakan jenis makanan yang murah dan terjangkau, sehingga menjadi pilihan makanan penutup.
2.      Dapat dijadikan buah tangan bagi kerabat.
3.      Pudding sangat digemari oleh semua kalangan.
4.      Dengan mengedepankan rasa dan bentuk, membuat kesan berbeda dan tentu saja bermanfaat bagi pembeli.
5.      Sasaran pemasaran kami adalah bazar, toko-toko, festival kuliner dan media internet, sehingga puding ini akan mudah didapat bagi anak-anak, remaja, dan dewasa, termasuk mahasiswa.
E.     Strategi Pemasaran
                   I.          Product (produk)
Jenis pudding yang disediakan atau di produksi   berupa pudding buah dan jelly, antara lain:
            a. Blaspud (Blaster Puding)
            b. Puma (Puding Mangga)
            c. Pujel (Puding Jelly)
Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat pudding menggunakan bahan-bahan alami. Produk dapat dipesan untuk dimakan di tempat ataupun di bawa pulang.
                II.          Price (harga)
Harga dari product pudding ini adalah :  
            a. Blaspud (Blaster Puding) Rp 2.000
            b. Puma (Puding Mangga)  Rp 2.000
            c. Pujel (Puding Jelly) Rp 2.000
             III.           Promotion (promosi)
a. Personal Selling
Pemasaran awal produk kami melalui mulut kemulut, dimana melalui mulut ke mulut kemudian terus berkembang.
            b. Media Online
                        Memasarkan produk melalui   social media seperti Facebook, BBM, Whatsap.
            c. Media Cetak
Memasarkan produk melalui brosur, katalog, serta Banner yang dicetak dan dibagikan kepada konsumen .
             IV.      Place (tempat)
             Tempat yang dipilih yaitu Halaman kampus sehingga mudah dijangkau oleh calon konsumen seperti para mahasiswa, dosen , serta warga sekitar kampus.

              


BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI


A.     Struktur Organisasi Pubertas

§  Direktur Utama
».        Nama                  : Yuli Yulianti
».      Jenis Kelamin    : Perempuan
».      Job Desc             :
1.       Memimpin dan menjalan`kan perusahaan
2.      Mengatur berjalannya sebuah perusahaan, berfungsi sebagai fasilitator, motivator, dinamisator, dan stabilitator dalam perusahaan.
3.      Memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer)
4.      Merencanakan serta mengembangkan sumber-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan
5.      Menetapkan strategi-strategi stategis untuk mencapakai visi dan misi perusahaan
6.      Mengkoordinasikan dan mengawasi semua kegiatan di perusahaan, mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan barang.
§  Puchase
».        Nama                  : Nufa Setiaji
».      Jenis Kelamin    : Laki - laki
».      Job Desc             :
1.      Membuat perencanaan pembelian barang maupun jasa sesuai permintaa pembelian yang diterima.
2.      Mengatur pembelian agar barang dan kedatangannya sesuai dengan yang diharapkan
3.      Mengatur pekerjaan bawahan agar dapat dilakukan lebih efesien
4.      Mencari dan membandingkan beberapa supplier untuk mendapatkan harga dan kualitas yang baik
5.      Mengontrol kegiatan pembelian (harga, kualitas, dan delivery) dan administrasi pembelian

      §   Finance
».        Nama                  : Irfan Faozin
».      Jenis Kelamin    : Laki – laki
».      Job Desc             :
1.      Melakukan pengaturan keuangan perusahaan
2.      Melakukan penginputan semua transaksi keuangan ke dalam program
3.      Melakukan transaksi keuangan perusahaan
4.      Melakukan pembayaran kepada suplier
5.      Berhubungan dengan pihak internal maupun eksternal terkait dengan aktivitas keuangan perusahaan

§  Promosi
».        Nama                  : Nana Sofyana
».      Jenis Kelamin    : Laki - laki
».      Job Desc             :
1.      Melakukan identifikasi pemasaran yang ada dengan cara mengidentifikasi kebutuhan konsumen, mendefinisikan pasar.
2.      Melakukan pemantauan dan menganalisis tren pasar
3.      Membuat target pemasaran dan pennjualan melalui perencanaan.
4.      Mengeksplorasi cara untuk meningkatkan produk dan layanan yang ada dan meningkatkan profitabilitas
5.      Mendukung dan mengelola tim pemasaran

§  Marketing
».        Nama                  : Tomi Ardianto
».      Jenis Kelamin    : Laki - laki
».      Job Desc             :
1.      Menjaga dan meningkatkan volume penjualan
2.      Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan
3.      Mempertahankan pelanggan yang telah ada
4.      Memastikan pencapaian target penjualan
5.      Membuat laporan penjualan perusahaan
 §  Produksi
a.    ».        Nama                  : Sri Rahayu
».      Jenis Kelamin    : Perempuan
b.    ».        Nama                  : Sri Rahayu
».      Jenis Kelamin    : Perempuan
».      Job Desc             :      
1.    Melakukan perencanaan dan pengorganisasian jadwal produksi
2.    Menentukan kontrol kualitas produksi
3.    Mengorganisir perbaikan dan pemeliharaan rutin peralatan produksi
4.    Mengelola pemesanan dan pembelian bahan baku produksi
5.    Menjadi penghubung dengan pembeli, pasar dan staf penjualan


B.      Informasi partner usaha
Untuk pengembangan usaha ini. Kami akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang dapat mendukung usaha ini, meliputi :
1)   Toko yang menjual bahan pudding dan pengemasanya.  
2)    Calon Pembeli dengan memberikan pelayanan yang prima
3)     Lembaga Bazar
C.      Kelemahan atau hambatan yang timbul
Ada beberapa kelemahan yang akan menjadi hambatan usaha, seperti :
a)      Merupakan suatu produk yang sudah ramai dipasaran.
b)      Kapasitas produksi yang terbatas
c)      Dukungan financial yang terbatas
d)      Kurangnya sarana promosi dan jaringan pemasaran
Untuk mengatasi kelemahan kami berusaha untuk :
a.       Mengadakan devisi penelitian, model dan pengembangan pada perusahaan.
  1. Menjalin kerjasama dengan pihak lain yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.
Untuk itu upaya  penelitian kami adalah :
1)      Mengadakan survey tentang model produk yang diinginkan konsumen.
2)      Mengadakan survey tentang rasa-rasa kegemaran produk yang sedang trend.
3)      Mengadakan survey tentang produk yang dapat dihasilkan dari bahan baku yang ada.







BAB VIII
PENUTUP


A.    KESIMPULAN
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha jagung manis kukus ini merupakan suatu usaha skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang..

B.     SARAN

1.      Dalam mendirikan usaha sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.
  1. Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.
  2. Seorang wirausaha haruslah selalu kreatif dan inofatif serta selalu mengikuti trend dan selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
  3. Semangat wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.
  4. Jangan mudah menyerah menghadapi berbagai hambatan dan masalah






LAMPIRAN
A.     Brosur

 


B.     Banner
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

sule mengatakan...

IZIN COPY

yyulianti8 mengatakan...

Silakan :)

Vivi mengatakan...

Izin copy kak

yyulianti8 mengatakan...

@Vivi silakan, semoga bermanfaat

Posting Komentar