“PUBERTAS”
(Pudding
Sehat & Berkualitas)
Diajukan
untuk memenuhi persyaratan
Tugas
mata kuliah Entrepreneur
Di susun Oleh :
1.
Yuli
Yulianti
2.
Irfan
Faozin
3.
Diki
Hardi
4.
Sri
Rahayu
5.
Nana
Sofyana
6.
Nufa
Setiaji
7.
Tomi
Ardinto
8.
Nur
Alif Fauzi
BINA SARANA INFORMATIKA
PRODI MANAJEMEN INFORMATIKA
KATA PENGANTAR
Puji
syukur Kami panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga Kami dapat menyelesaikan makalah entrepeneur dengan baik dan tepat waktu. Makalah kegiatan
usaha ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah entrepeneur. Disamping
itu makalah ini dimaksudkan
agar mahasiswa dapat
mengembangkan kemampuan entrepeneur. Tidak lupa pada kesempatan ini Kami haturkan rasa terima kasih kepada:
1.
Ibu Zahra Zakaria, selaku Dosen mata kuliah
entrepeneur.
2.
Teman-teman yang sudah membantu bekerja sama
dalam menyusun laporan ini
Dengan segala kerendahan hati, kami
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan
laporan usaha ini. Dalam penulisan laporan ini, kami menyadari bahwa laporan
ini jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kami mohon kritik dan saran pembaca
untuk memperbaiki kesalahan yang ada dan menyempurnakan laporan ini.
Semoga penulisan laporan usaha
mandiri ini dapat menambah wawasan dalam berbisnis dan bermanfaat bagi pembaca
sekalian.
Bekasi, November 2016
Kelompok 1
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………...1
KATA PENGANTAR………………………………………………………………….2
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………3
BAB I PENDAHULUAN
A.
Data Perusahaan…………………………………………………………………4
B.
Ringkasan………………………………………………………………………..5
C.
Struktur Organisasi………………………………………………………………6
BAB II RINGKASAN EKSEKUTIF
A.
Latar Belakang
Usaha…………………………………………………………..7
1.1
Sejarah
Pudding……………………………………………………………7
1.2
Sejarah Perusahaan………………………………………………………...8
1.3
Visi…………………………………………………………………………8
1.4
Misi………………………………………………………………………...8
1.5
Tujuan Usaha………………………………………………………………8
BAB III ANALISA INDUSTRI
A.
Analisa SWOT………………………………………………………………….9
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
A.
Gambaran Umum
Pubertas…………………………………………….10
B.
Gambaran Umum Persaingan…………………………………………..10
C.
Gambaran Umum
Penjualan……………………………………………10
BAB V RENCANA PRODUKSI
A.
Persiapan
Pra-Produksi…………………………………………………11
B.
Proses Produksi…………………………………………………………11
BAB VI MARKETING STRATEGI
A.
Sumber
Dana……………………………………………………………………12
B.
Analisis Produksi……………………………………………………………….12
C.
Rencana
Pemasaran…………………………………………………………….13
D.
Prospek Pengembangan Usaha
Pudding………………………………………..14
E.
Strategi
Pemasaran……………………………………………………………...14
BAB VII PERENCANAAN ORGANISASI
A.
Struktur
Organisasi……………………………………………………………..16
B.
Informasi Partner
Usaha………………………………………………………...19
C.
Kelemahan Dan Hambatan Yang
Timbul………………………………………19
BAB VIII PENUTUP
A.
Kesimpulan…………………………………………………………………….20
B.
Saran……………………………………………………………………………20
LAMPIRAN
A.
Brosur…………………………………………………………………………..21
B.
Baner…………………………………………………………………………....21
BAB I
PENDAHULUAN
A. DATA PERUSAHAAN
1. Nama
Perusahaan : PUBERTAS
2. Bidang
Usaha :
Menjual Makanan Pudding Mangga dan Jelly
3. Nomor
Telepon : 081313315850
4. Alamat
Email :
pubertaspudding@gmail.com
5. Mulai
Berdiri : 02
Oktober 2016
B. RINGKASAN
PUBERTAS (Puding sehat berkualitas) merupakan inovasi
promosi kuliner kaya manfaat. Mengingat tidak sedikit masyarakat sekarang mudah
terserang penyakit karena komsumsi makan yang tidak teratur dan sembarangan.
Melalui puding dengan berbagai perpaduan buah yang kaya akan manfaat serta
berbagai macam bentuk yang menarik, kami yakin akan membuat masyarakat memilih
makanan yang menarik dilihat namun kaya akan manfaat bagi tubuh. Puding
merupakan pilihan yang tepat, sebab jenis makanan ini sangat di gemari oleh
anak-anak hingga orang tua.
Target pemasaran pudding ini adalah
semua lapisan masyarakat, mengingat pemasaran PUBERTAS (Puding sehat
berkualitas) ini sebagian besar di
kampus seperti pada saat kegiatan bazar ataupun melalui media online. Metode
yang dipakai dalam mempromosikan PUBERTAS (Puding sehat berkualitas) adalah
informasi dari mulut ke mulut, sosial media (BBM, WA, dll)
C. Struktur organisasi perusahaan
DIREKTUR
Yuli
Yulianti
|
PURCHASE
Nufa
Setiaji
|
FINANCE
Irfan
Faozin
|
PROMOSI
Nana Sofyan
|
PRODUKSI
Sri
Rahayu
Diki
Hardi
|
MARKETING
Tomi
Ardianto
|
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
A. Latar Belakang Usaha
1.1. Sejarah Puding
Puding pertama yang dibuat oleh koki kuno yang menghasilkan
makanan mirip sosis dengan cita rasa gurih. Puding berasal dari bahasa
Perancis, boudin yang berarti “sosis darah”, Dari bahasa Latin, botellus yang
berarti “sosis kecil”. Istilah puding yang banyak digunakan di benua Eropa.
Pada abad ke-17, puding di Inggris raya terdiri dari dua
rasa, yaitu gurih karena terbuat dari daging dan manis karena terbuat dari
tepung, kacang, dan gula. Kedua puding ini biasanya direbus dalam tas puding
khusus. Haggis adalah salah satu contoh puding gurih karena terbuat dari
jantung, hati, dan paru-paru domba yang dicampur dengan bawang bombay, oatmeal,
lemak, aneka rempah, dan garam. Secara tradisonal, Haggis dibungkus dalam perut
hewan dan kemudian direbus selama tiga jam.
Pada sekitar abad ke-18, puding di Inggris tidak lagi terbuat
dari daging. Dan pada abad ke-19 puding masih dibuat dengan cara direbus, namun
hasil akhirnya lebih mirip cake. Pada saat itu, puding disajikan secara
tradisonal pada perayaan Natal. Puding plum atau Christmas pudding salah satu
contohnya.
Puding yang dikenal sekarang sebenarnya lebih mirip custard.
Sejarah custard dengan puding juga hampir sama kunonya. Meskipun dua jenis
hidangan ini berbeda, namun istilah custard dan puding seolah menyatu pada abad
ke-19 di Amerika. Custard sendiri merujuk pada hidangan Romawi Kuno yang dibuat
dengan telur. Bangsa Romawi Kuno memang ahli dalam menciptakan beberapa
hidangan berbasis telur, seperti omelet atau crustades.
saat
ini puding mulai dimodifikasi dengan tambahan bahan isi atau dibentuk dan
dibuat lapisan-lapisan agar lebih menarik pada saat di sajikan. Begitu juga
untuk hasil akhirnya ditambah dengan topping, membuat hasil jadi dari puding Dengan
kemajuan jaman sekarng, untuk tampilan dari puding tidak hanya disajikan dengan
polosan begitu saja. Untuk semakin menarik
1.2. Sejarah Perusahaan
Pubertas
atau dikenal dengan Pudding Sehat & Berkualitas adalah perusahaan yang
bergerak dibidang industri makanan yaitu Pudding. Didirikan oleh 8 Mahasiswa
denggal 02 Oktober 2016 dengan tujuan untuk mengembangkan cita rasa dari pudding
yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Tim terinspirasi memilih usaha dengan
latar belakang pemikiran bahwa Puding adalah makanan ringan yang ideal dan
cukup mengenyangkan. Selain itu Puding adalah makanan ringan yang disukai
oleh kebanyakan orang dan
dapat melancarkan pencernaan.
1.3.Visi
·
Menjadi
produk terdepan dibidangnya.
·
Membuat
produk dari bahan alami, higienis dan halal.
·
Membuat
produk yang dicintai oleh masyarakat.
1.4.
Misi
·
Membuat
produk dengan varian rasa.
·
Memuaskan
konsumen.
·
Mengembangkan
makanan dengan harga terjangkau.
1.5.
Tujuan Usaha
·
Melatih dan mengembangkan keterampilan
berbisnis dan disiplin ilmu ekonomi sejak dini, dan membuka kesempatan bagi tim
untuk menjadi pengusaha muda.
·
Memperoleh
Keuntungan dalam usaha karena bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu
besar.
·
Menyediakan
puding ringan yang enak dan bergizi.
·
Menjual
makan yang bisa menyasar ke semua kalangan.
BAB III
ANALISA INDUSTRI
A. Analisa SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha
harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan,yaitu melalui analisa SWOT :
1.
Strength (kekuatan)
a. Produk mudah dipasarkan
b. 1 (satu) produk terdiri dari
beberapa macam bentuk dan rasa.
c. Bahan produk yang terjamin dan
higienis.
d. Bahan baku yang mudah di
dapatkan.
2.
Weakness (kelemahan)
a. Produk tidak tahan lama
b. Produknya mudah ditiru.
3.
Opportunity (Peluang)
a. Tempat strategis
b. Fasilitas yang cukup memadai
c. Banyak orang tua dan
anak-anak yang menyukai makanan yang
lembut
4.
Threath (Ancaman)
a.
Banyaknya kompetitor yang menjual produk yang sama dengan harga yang tidak terlalu mahal.
BAB IV
DEKSRIPSI TENTANG USAHA
A.
Gambaran Umum Pubertas
Usaha kami bergerak dibidang
penjualan makanan Puding. Makanan pudding yang kami tawarkan yaitu berbentuk
Cup dengan ukuran mini sehingga lebih ekonomis dan unik. Berbagai macam rasa
dan topping yang menarik menjadi menu utama . Pudding yang kami buat ini sangat
berbeda dengan puding yang sudah ada di pasaran karena selain kami tidak
menggunakan pengawet dan bahan yang kami gunakan menggunakan cita rasa yang
berbeda namun tetap menjaga cita rasa yang berkualitas. Dengan mengutamakan
kualitas produk dan tempat strategis “PUBETAS (Puding Sehat Berkualitas)” akan
dapat bersaing dengan usaha lain yang serupa.
B.
Gambaran Persaingan
Untuk
saat ini kami mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap
penjualan pudding kami agak sedikit berpengaruh karena pesaing kami sudah terlebih dahulu berjualan pudding dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli puding mereka.
penjualan pudding kami agak sedikit berpengaruh karena pesaing kami sudah terlebih dahulu berjualan pudding dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli puding mereka.
C.
Gambaran Penjualan
Dalam
pelaksanaannya nanti, kami akan menjual puding ditempat yang strategis, yakni di
sekitar halaman kampus ketika bazar yang merupakan salah satu tempat yang
strategis. Tentu dalam penjualannya nanti, ada strategi-strategi penjualan yang
akan saya pakai dalam menarik calon pembeli. Besar harapan kami agar dalam
pelaksanaannya nanti penjualan puding kami dapat berjalan dengan sukses.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A.
Persiapan Pra Produksi
֎ Alat
1. Irus
2. Panci
3. Kompor
4. Gas
5. Cup
6. Sendok
֎ Bahan
1. Mangga (sebagai Topping)
2. Gula pasir
3. Agar-agar
4. Penguat Rasa
5. Jelly (sebagai Topping)
6. Air secukupnya
B. Proses Produksi
1. Masukkan air ke dalam panci, lalu
tambahkan gula, agar- agar, aduk rata
secara perlahan
2.
Aduk
terus sampai mendidih Terakhir masukan penguat rasa .
3.
Setelah
mendidih, angkat dan tuangkan pudding ke dalam cup yang telah disediakan.
4.
Masukan
potongan mangga dan jelly kedalam pudding sebagai topping.
BAB
VI
MARKETING
STRATEGI
A.
Sumber Dana
Sumber Dana
|
Jumlah Dana
|
|
Yuli Yulianti
|
|
|
Irfan Faozin
|
Rp 20.000
|
|
Diki Hardi
|
Rp 20.000
|
|
Sri Rahayu
|
Rp 20.000
|
|
Nur Alif F
|
Rp 20.000
|
|
Nana Sofyana
|
Rp 20.000
|
|
Nufa Setiaji
|
Rp 20.000
|
|
Tomi Ardianto
|
Rp 20.000
|
B.
Analisis Produksi
Nama Bahan
|
|
|
Mangga
|
Rp 10. 000
|
|
Agar-Agar
|
Rp 24.500
|
|
Gula
|
Rp 16. 000
|
|
jelly
|
Rp 5.000
|
|
penguat Rasa
|
Rp 4.500
|
|
Cup
|
Rp 16.000
|
|
Sendok
|
Rp 6.000
|
|
Stiker
|
Rp 38.000
|
|
Total
|
Rp 114.000
|
Biaya Iklan
Nama Biaya
|
Harga
|
Banner 150x80 cm
|
Rp 30.000
|
Brosur
|
Rp 5.000
|
total
|
Rp 35.000
|
Tabel Penjualan
|
||
Terjual
|
harga Jual
|
Jumlah
|
110 cup
|
Rp 2.000
|
Rp 220.000
|
Profit = Jumlah Penjualan – Biaya
= Rp 220.000 – Rp 149.000
= Rp 71.000
C. Rencana
Pemasaran
Untuk
memasarkan produk pudding, PUBERTAS yang dibuat, dilakukan mempromosikan produk
di lakukan melalui media cetak seperti brosur, pamflet, atau poster dan
membagikannya disekitar kampus dan warga
disekitar kampus. Selanjutnya agar produk tersebut bisa dijangkau oleh semua
kalangan masyarakat, karena harga produk yang ditawarkan lebih rendah dari
harga toko pudding yang ada. Untuk menjangkau semua kalangan konsumen baik
bawah, menengah maupun kelas atas. Hal ini disebabkan pudding merupakan makanan
kaya akan serat dan baik untuk kesehatan. Kemudian untuk menjangkau konsumen
yang lebih luas, kegiatan promosi dilakukan melalui media online, misalnya
dengan menggunakan BBM, Whatsap, facebook,dan twitter.
D.
Prospek pengembangan usaha PUDDING
Seperti makanan sehat lainnya, Pudding
juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Anak-anak biasanya
lebih menyukai mengkonsumsi buah-buahan dalam betuk lain yang sudah diolah
menjadi Puding. Bahan yang terkandung
dalam Pudding ini sangat membantu didalam proses pencernaan dalam tubuh. Bahan
dasar seperti agar-agar atau Jelly yang berasal dari olahan rumput laut, yang
sangat baik dalam membantu pencernaan.Selain itu banyak peneliti yang
membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan yang berkhasiat. Selain itu
terdapat buah-buahan yang digunakan sebagai penambah rasa juga pemanis
penampilan Puding, buah ini juga sangat baik bagi kesehatan karena adanya
kandungan gizi dari serat yang dimilikinya.Cara membuatnya yang mudah dan
praktis membantu di dalam penyajiannya menu tambahan makanan atau sebagai
makanan pembuka yang menyehatkan.
Karena itulah, kami terdorong untuk
mengembangkan usaha puding dengan berbagai variasi rasa, bentuk, dan warna
dengan harga yang terjangkau. Hal ini dikarenakan:
1. Pudding merupakan jenis makanan yang
murah dan terjangkau, sehingga menjadi pilihan makanan penutup.
2. Dapat dijadikan buah tangan bagi
kerabat.
3. Pudding sangat digemari oleh semua
kalangan.
4. Dengan mengedepankan rasa dan
bentuk, membuat kesan berbeda dan tentu saja bermanfaat bagi pembeli.
5. Sasaran pemasaran kami adalah bazar,
toko-toko, festival kuliner dan media internet, sehingga puding ini akan mudah
didapat bagi anak-anak, remaja, dan dewasa, termasuk mahasiswa.
E.
Strategi Pemasaran
I.
Product
(produk)
Jenis
pudding yang disediakan atau di produksi
berupa pudding buah dan jelly,
antara lain:
a.
Blaspud (Blaster Puding)
b.
Puma (Puding Mangga)
c.
Pujel (Puding Jelly)
Bahan-bahan
yang digunakan dalam membuat pudding menggunakan bahan-bahan alami. Produk
dapat dipesan untuk dimakan di tempat ataupun di bawa pulang.
II.
Price
(harga)
Harga
dari product pudding ini adalah :
a.
Blaspud (Blaster Puding) Rp 2.000
b.
Puma (Puding Mangga) Rp 2.000
c.
Pujel (Puding Jelly) Rp 2.000
III.
Promotion (promosi)
a. Personal Selling
Pemasaran
awal produk kami melalui mulut kemulut, dimana melalui mulut ke mulut kemudian
terus berkembang.
b.
Media Online
Memasarkan
produk melalui social media seperti
Facebook, BBM, Whatsap.
c.
Media Cetak
Memasarkan
produk melalui brosur, katalog, serta Banner yang dicetak dan dibagikan kepada
konsumen .
IV. Place (tempat)
Tempat yang dipilih yaitu Halaman kampus
sehingga mudah dijangkau oleh calon konsumen seperti para mahasiswa, dosen ,
serta warga sekitar kampus.
BAB VII
PERENCANAAN
ORGANISASI
A. Struktur
Organisasi Pubertas
§ Direktur Utama
». Nama
: Yuli Yulianti
». Jenis
Kelamin : Perempuan
». Job Desc :
1. Memimpin dan menjalan`kan perusahaan
2.
Mengatur
berjalannya sebuah perusahaan, berfungsi sebagai fasilitator, motivator,
dinamisator, dan stabilitator dalam perusahaan.
3.
Memilih,
menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer)
4.
Merencanakan
serta mengembangkan sumber-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan
perusahaan
5.
Menetapkan
strategi-strategi stategis untuk mencapakai visi dan misi perusahaan
6. Mengkoordinasikan dan mengawasi
semua kegiatan di perusahaan, mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga
pengadaan barang.
§ Puchase
». Nama
: Nufa Setiaji
». Jenis
Kelamin : Laki - laki
». Job Desc :
1. Membuat perencanaan pembelian barang
maupun jasa sesuai permintaa pembelian yang diterima.
2. Mengatur pembelian agar barang dan
kedatangannya sesuai dengan yang diharapkan
3. Mengatur pekerjaan bawahan agar
dapat dilakukan lebih efesien
4. Mencari dan membandingkan beberapa
supplier untuk mendapatkan harga dan kualitas yang baik
5. Mengontrol kegiatan pembelian
(harga, kualitas, dan delivery) dan administrasi pembelian
§ Finance
». Nama
: Irfan Faozin
». Jenis
Kelamin : Laki – laki
». Job Desc :
1. Melakukan pengaturan keuangan
perusahaan
2. Melakukan penginputan semua
transaksi keuangan ke dalam program
3. Melakukan transaksi keuangan
perusahaan
4. Melakukan pembayaran kepada suplier
5. Berhubungan dengan pihak internal
maupun eksternal terkait dengan aktivitas keuangan perusahaan
§ Promosi
». Nama
: Nana Sofyana
». Jenis
Kelamin : Laki - laki
». Job Desc :
1.
Melakukan
identifikasi pemasaran yang ada dengan cara mengidentifikasi kebutuhan
konsumen, mendefinisikan pasar.
2. Melakukan pemantauan dan
menganalisis tren pasar
3. Membuat target pemasaran dan
pennjualan melalui perencanaan.
4. Mengeksplorasi cara untuk
meningkatkan produk dan layanan yang ada dan meningkatkan profitabilitas
5. Mendukung dan mengelola tim
pemasaran
§ Marketing
». Nama
: Tomi Ardianto
». Jenis
Kelamin : Laki - laki
». Job Desc :
1.
Menjaga dan meningkatkan volume
penjualan
2. Menjalin komunikasi yang baik dengan
pelanggan
3. Mempertahankan pelanggan yang telah
ada
4. Memastikan pencapaian target
penjualan
5. Membuat laporan penjualan perusahaan
§ Produksi
a.
». Nama
: Sri Rahayu
». Jenis Kelamin : Perempuan
b.
». Nama
: Sri Rahayu
». Jenis Kelamin : Perempuan
». Job Desc :
1. Melakukan perencanaan dan
pengorganisasian jadwal produksi
2. Menentukan kontrol kualitas produksi
3. Mengorganisir perbaikan dan
pemeliharaan rutin peralatan produksi
4. Mengelola pemesanan dan pembelian
bahan baku produksi
5. Menjadi penghubung dengan pembeli,
pasar dan staf penjualan
B.
Informasi partner usaha
Untuk pengembangan usaha ini. Kami
akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang dapat mendukung usaha ini,
meliputi :
1) Toko
yang menjual bahan pudding dan pengemasanya.
2) Calon
Pembeli dengan memberikan pelayanan yang prima
3) Lembaga
Bazar
C.
Kelemahan atau hambatan yang timbul
Ada beberapa kelemahan yang akan
menjadi hambatan usaha, seperti :
a) Merupakan suatu produk yang
sudah ramai dipasaran.
b) Kapasitas produksi yang
terbatas
c) Dukungan financial yang
terbatas
d) Kurangnya sarana promosi dan
jaringan pemasaran
Untuk mengatasi kelemahan kami
berusaha untuk :
a.
Mengadakan
devisi penelitian, model dan pengembangan pada perusahaan.
- Menjalin kerjasama dengan pihak lain yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.
Untuk itu upaya penelitian kami adalah :
1)
Mengadakan survey tentang model produk yang diinginkan konsumen.
2)
Mengadakan survey tentang rasa-rasa kegemaran produk yang sedang trend.
3)
Mengadakan survey tentang produk yang dapat dihasilkan dari bahan baku yang
ada.
BAB
VIII
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian di atas dapat
disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu
berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti
mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan
aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang
akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha jagung manis kukus ini
merupakan suatu usaha skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan
usaha baru, sehingga mengurangi pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal
yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang..
B.
SARAN
1. Dalam mendirikan usaha sebaiknya
dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan tepat sehingga usaha yang
dijalankan dapat berjalan dengan baik.
- Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.
- Seorang wirausaha haruslah selalu kreatif dan inofatif serta selalu mengikuti trend dan selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
- Semangat wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.
- Jangan mudah menyerah menghadapi berbagai hambatan dan masalah
LAMPIRAN
A. Brosur
B.
Banner
4 komentar:
IZIN COPY
Silakan :)
Izin copy kak
@Vivi silakan, semoga bermanfaat
Posting Komentar